3.23.2009

Bright Sole Mio (bright-solemio)


Bright Sole Mio.. Nama memang berjuta arti.. Boleh jadi nama itulah yang membentuk sebuah diri. Itu yang saya harapkan dari nama blog ini bright- solemio.. 

Tahun 2004 saya mulai membuat sebuah e-mail yang namanya saya pikirkan matang-matang. Saya ingin sebuah nama yang nantinya bisa dikenal seluruh dunia, haha. Sebelumnya, saya sudah pernah punya e-mail tapi karena tidak aktif jadilah hangus.

Suatu hari, seusai latihan angklung di kampus, saat itu saya masih mahasiswa dan aktif sebagai seniman angklung. Latihan hari itu adalah lagu O Sole Mio, sebuah lagu berasal dari Italia. Kalau penggemar Pavaroti pasti tahu lagu ini. 

Saya suka dengan instrumentalia lagu ini. Apalagi dibawakan dengan angklung, jadinya extraordinary deh. Setelah selesai latihan, saya tanya ke pelatih saya, pak Eddy namanya. "Pak, ini lagu artinya apa ya?" tanya saya. "O Sole Mio itu artinya, Oh.. Matahariku," jawab pak Eddy. Ooohh... saya mengangguk-angguk sambil tersenyum lebar (nyengir tepatnya, haha).

Hmm.. kedengaran unik dan enak juga. Jadi terinspirasi deh. Berlanjut di warnet, saya punya proyek penting yaitu membuat alamat e-mail baru. Saya memang suka pakai nama yang saya kreasi sendiri bukan nama asli saya.. Utak-atik, setelah ditimbang-timbang sana-sini. Ditilik arti harfiahnya, keharmonisan bunyinya, kesesuaian artinya... Voala, jadilah bright_solemio@yahoo.com. Hmmm.. senangnya. Ini nama yang menarik, unik dan cantik. Begitu menurut saya, dan itu yang selalu saya sosialisasikan tentang nama alamat e-mail saya.

Secara harfiah, hehehe, mulai rada ilmiah dikit nihh.. Bright Sole Mio artinya Matahariku Cemerlang/Terang. Sejujurnya, ada harapan dari nama itu, saya berharap nama e-mail saya ini bisa jadi pencetus optimisme buat diri saya sendiri minimal, hohoho..  Boleh dong.

Sepanjang perjalanannya, nama e-mail saya ini selalu menuai komentar yang macam-macam. "Ehh.., susah amat sih namanya," komentar yang pesimis. "Wuah, bagus yaaa alamat e-mail kamu," kata yang ekspresif. "Alamat email kamu unik, apa artinya?" kata yang kritis. "Gile, keren juga alamat e-mail loe," kata yang optimis. 

Oya, saya sempat dipanggil si bright oleh salah satu koordinator liputan saya waktu saya masih di majalah SWA (tahun 2005). Namanya mas Yudi, ini contohnya. "Eh, bright sini, gimana kerjaan kamu?" katanya kalau udah mulai mau tanya-tanya kerjaan saya udah kelar ato belum. Hahaha, saya cuma cengar cengir aja dipanggil si bos, soalnya kerjaan belum beress, hihihi. 

Memang sih, kalau ditanya artinya, saya paling cuma jawab Matahariku yang Cemerlang. Nah, ini cerita baru terjadi. Narasumber saya, mas Riza Andre namanya, seorang yang optimis tiba-tiba mengomentari alamat e-mail saya lewat sms sesudah saya minta dia untuk mengirimkan CV-nya.

"Oh iya, by the way, email address-nya bagus banget ya. Very possitive and inspiring hopes and great future. The essence of life on this planet will depend on your 'bright solemio' =D

Hmm.. saya gede rasa juga dikomentarin begitu, hehehe. Tapi yang pasti sih seneng banget. Ya, katanya apalah arti sebuah nama. Ternyata nama berarti banyak banget yaa.. sudah baca posting saya sebelumnya berjudul Extraordinary Breakfast.

Nama adalah doa. Doa adalah harapan. Harapan adalah cermin manusia optimis. Optimis adalah cikal bakal kemauan berikhtiar. Dan hanya manusia yang  punya harapan, berikhtiar dan berdoa saja yang bisa bertemu dengan Khalik-nya... benar begitu?? Mau menambahkan??

So, be bright sole mio.. Maksud saya, optimis bisa bertemu wajah indah-Nya. 

More beautiful than this world and entire... And, I miss to meet my Lord.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar